Berselancar Di Pulau mentawai

Selayang Pandang

Kepulauan Mentawai terkenal dengan keindahan  pantainya. Ombaknya yang tinggi bisa dimanfaatkan untuk kegiatan selancar ( surfing ). Selancar merupakan ikon kepulauan Mentawai yang telah dikenal di seluruh dunia.
Beberapa kali telah digelar kompetisi surfing  internasional di sini.
Tidak kurang dari 400 "Spot Surfing" (titik selancar) yang dapat dijadikan lokasi berselancar. Aktivitas selancar bisa dilakukan di beberapa  pantai yang terdapat di kepulauan Mentawai. Adapun pantai-pantai tersebut adalah: Pantai Nyangnyang, Pantai Karang Bajat, Pantai Karoniki, dan Pantai Pananggelat Mainuk yang semuanya terletak di Kecamatan Siberut Selatan. Selain di
Kecamatan  Siberut Selatan, di Kecamatan Sipora juga terdapat beberapa pantai seperti  Pantai Katiet Bosua dan Pantai Selatan. Sedangkan di Kecamatan Pagai Utara  terdapat Pantai Barat.

Keistimewaan 

Laut Mentawai, mulai dari ombak hingga dasar  lautnya memiliki kekayaan dan potensi yang fantastis. Gulungan ombak besar yang beberapa diantaranya masuk dalam kategori extreme, menjadikan Mentawai sebagai salah satu objek wisata selancar  yang digemari di dunia. Olah raga selancar biasanya dilakukan  pada bulan April sampai bulan Oktober. Mengingat, pada bulan-bulan tersebut ombak di kepulauan Mentawai mencapai titik puncaknya dan para peselancar bisa manfaatkannya untuk kegiatan berselancar. Sedangkan pada bulan November sampai bulan Maret,  ombak di kepulauan Mentawai tidak begitu tinggi, sehingga tidak cukup menantang  untuk digunakan kegiatan berselancar.

Lokasi

Kegiatan berselancar ini berlokasi di 3 kecamatan, diantaranya adalah Kecamatan Siberut Selatan, Kecamatan Sipora dan  Kecamatan Pagai Utara yang masuk dalam Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, Indonesia.

Akses

Lokasi objek wisata selancar ini dapat dijangkau dengan kapal motor dan pesawat perintis. Jika menggunakan kapal, perjalan ditempuh selama 14 jam dengan rute Padang- Sipora-Muara Siberut dengan biaya  kira-kira antara Rp. 200.000-Rp. 300.000,- per orang (Februari 2008)

Akomodasi dan Fasilitas Lainnya

 Untuk memasuki Kepulauan Mentawai para wisatawan  bisa menggunakan jasa pemandu atau menggunakan jasa operator tour. Untuk penginapan, di Kepulauan Mentawai tersedia penginapan di sepanjang pinggir  pantai.

0 komentar:

Poskan Komentar

Terimakasih atas partisipasinya